efek daun

Minggu, 26 Mei 2013

INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM (IAID) CIAMIS




Institut Agama Islam Darussalam (IAID) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Islam  yang ada di daerah kabupaten ciamis, Jln. KH.Ahmad Fadlil no.1, Dsn. Kandang Gajah, Ds. Dewasari, Kec. Ci Jeungjing, Kab. Ciamis, JAWA BARAT, yang ada di bawah naungan yayasan Pondok Pesantren Darussalam. IAID merupakan Perguruan Tinggi Islam yang menggabungkan pendidikan akademik dengan pendidikan kepesantrenan, yaitu Pondok Pesantren Darussalam. Selain jenjang perkuliahan di lembaga ini (Darussalam) juga terdapat jenjang pendidikan formal lainnya seperti RA, TK, MI, SD, MTs, SMP, MAN, SMA, S1 bahkan sampai S2 semuanya tersedia (komplit).
 Pendidikan Islam yang lahir sejak 1 Juni 1970 ini sejak lama di percaya pemerintah dan masyarakat untuk mendidik calon-calon sarjana ulama cendikia, yang mempunyai visi ke-islam-an, keilmuwan, kebangsaan dan kemasyarakatan.
Kepercayaan tersebut dibuktikan dengan jumlah ribuan alumni yang terbesar hampir di seluruh pelosok Nusantara dalam berbagai peran dan kedudukan.
Pada awal berdirinya, IAID hanya memiliki satu Fakultas, yaitu Fakultas Syari’ah. Kemudian melalui usaha keras, saat ini telah ada dua Fakultas dan program Pascasarjana, yaitu Fakultas Syari’ah (Prodi Ahwal Al-syakshiyyah dan Ekonomi Syari’ah), Fakultas Tarbiyah (Prodi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan pendidikan Guru Raudhatul Athfal), dan program Pascasarjana.
Fakultas Ushuluddin Jurusan Dakwah pernah didirikan, tetapi kemudian diubah menjadi Fakultas Dakwah Jurusan Komunikasi dan penyiaran Islam sesuai dengan tuntutan dan perkembangan yang ada. Program diploma PGSD/PGMI juga pernahada tetapi kemudian ditingkatkan statusnya dari program diploma menjadi program Strata Satu.
Fasilitas yang disediakan di Perguruan Tinggi IAID pun memiliki fasilitas belajar yang cukup lengkap, mulai dari ruang belajar yang nyaman dan juga perpustakaan yang penuh dengan buku-buku umum, keagamaan dan  pengetahuan lainnya. Di sekitar kampus juga terdapat fasilitas HOT SPOT (Internet) untuk memudahkan dosen dan mahasiswa melaksanakan pembelajaran. 
Adapun Visi dan Misi IAID yaitu :
Visi : “Menghasilkan akademis muslim yang memilki ketajaman intelektual, ketangguhan iman, kepekaan nurani, dan kekuatan moral”
Misi : 
1.      Melaksanakan pengajaran dan mengembangkan ilmu dan nilai-nilai Islam.
2.      Memelihara tradisi keilmuwan Islam dan sekaligus mendorong pembaharuan pemikiran Islam.
3.      Mengarahkan mahasiswa kepada pemilikan akhlak mulia, pemikiran rasional, analitis, berorientasi pada pemecahan masalah, dan berpandangan jauh ke depan.
4.      Melaksanakan penelitian dalam rangka mengembangkan keilmuwan dan pengabdian masyarakat.
5.      Memberikan kontribusi dalam proses pembangunan, khususnya dalam kaitan dengan upaya memperkuat landasan spiritual, moral dan etik pembangunan.
6.      Memberi kontribusi dalam upaya mewujudkan perdamaian dan kesejahteraan umat manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar